Tuesday, March 13, 2012

Backup Data BlackBerry ke Kartu Memory

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk memindahkan (backup) data yang tersimpan di BlackBerry. Salah satunya dengan cara konvensional, yaitu melalui Desktop Manager hingga melakukan secara online. Masing-masing cara tersebut tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Nah bagi yang tak ingin repot, sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk mem-backup semua data handheld seperti Contacts, Memos, Tasks, Calendar Events, Email, Categories dan Call Log. Yaitu dengan menggunakan aplikasi "Data Backup".

Aplikasi yang sifatnya gratisan (versi Beta) bikinan S4BB Limited ini, hanya membutuhkan kartu memori (microSD) sebagai wadah tempat menyimpan hasil backup-an. Jadi jika anda mengganti handheld BlackBerry namun ingin semua data tersebut berpindah tempat dengan mudahdan simple, tinggal restore saja di kartu memori. Namun tentu saja harus memiliki aplikasi ini di Blackberry baru.

Berikut ini langkah-langkah yang harus ditempuh untuk melakukan proses backup, menggunakan aplikasi 'Data Backup' :
  1. Download aplikasi 'Data Backup' dari aplikasi Blackberry atau langsung via widget Blackberry Application World dengan key code 'Data Backup'.
  2. Ikuti proses instalasinya hingga selesai.
  3. Buka dan jalankan aplikasi 'Data Backup'.
  4. Pilih menu 'Create New Backup'.
  5. Di tampilan berikutnya, anda bisa menentukan mana saja yang akan dibackup. Ada Contacts, Memos, Tasks, Calendar Events, Email, Catagories dan Call Log. Anda tinggal memberi tanda centang pada kotak dialog yang tersedia.
  6. Selanjutnya buat nama file backup, bisa apa saja sesuai keinginan.
  7. Jika sudah tinggal klik 'Backup'.
  8. Normalnya proses backup berlangsung lama, namun semua tergantung oleh kapasitas data dari semua pilihan backup.
  9. Jika prosesnya telah selesai, tinggal klik OK. Dan otomatis file backup akan tersimpan di kartu memori dengan folder khusus.
  10. Jika anda ingin mengembalikan data tersebut ke Blackberry baru, tinggal instal aplikasi yang sama dan cari file backup tersebut.
  11. Terakhir, klik 'Restore'  untuk mengembalikan semuanya. Selesai.




No comments:

Post a Comment

Post a Comment