Wednesday, April 18, 2012

Backup Dan Restore Kontak BBM

Salah satu hal yang paling menyebalkan bagi pengguna smartphone BlackBerry tentunya kehilangan kontak BlackBerry Messenger (BBM) saat BlackBerry yang digunakan harus di-wipe dengan alasan tertentu atau berpindah ke perangkat BlackBerry lain.

Berpikir untuk meng-add kembali kontak yang jumlahnya puluhan bahkan ratusan saja sudah cukup melelahkan, apalagi harus melakukannya. Namun sebenarnya tidak perlu demikian jika Anda sebelumnya sudah membuat "Back Up File" untuk kontak BBM Anda. Meski sederhana, nyatanya banyak pengguna BlackBerry yang belum menyadari keberadaan fitur ini.
Berikut langkah untuk mem-backup dan merestore kembali kontak BBM Anda.




BACKUP
  1. Masuk ke aplikasi BlackBerry Messenger, tekan tombol menu (berlambang BlackBerry), klik pada pilihan "Option".
  2. Scroll menggunakan trackpad/trackball ke bawah pada bagian Backup Management, klik "Back Up".
  3. BlackBerry akan menampilkan 2 pilihan metode Back up. Yang pertama dengan menggunakan akun email yang didaftarkan,dan yang kedua dengan membuat backup file kemudian menyimpannya dalam memori penyimpanan yang bisa ditentukan sendiri direktorinya.

Cara 1 :
  1. Klik pada pilihan "Back Up files remotely", layar akan menjelaskan fungsi fitur ini dan di bagian bawah tulisan tersebut Anda akan melihat alamat email yang sudah didaftarkan sebelumnya. Tandai (thick) salah satu akun atau seluruhnya, kemudian klik " Register".
  2. Notifikasi berupa pop-up akan muncul di layar,yang menjelaskan tentang proses verifikasi yang akan berjalan. Proses ini berjalan secara otomatis sehingga Anda cukup meng-klik OK.

Cara 2 :
  1. Klik pada pilihan "Back Up files locally", layar akan memberikan pilihan untuk mengaktifkan auto save untuk back up file ketika terjadi perubahan pada daftar kontak BBM. Saya menyarankan untuk menandai (thick) pilihan ini. Kemudian klik "Back Up Now".
  2. Selanjutnya Anda dapat mengubah nama backup file sesuai keinginan atau langsung menyimpannya dengan nama yang dibuat secara otomatis berdasarkan tanggal pembuatan file.
  3. Anda juga dibiarkan untuk menentukan direktori penyimpanan sendiri. Caranya klik tombol virtual berlambang folder, lalu tentukan direktorinya sesuai keinginan.
  4. Setelah itu klik save, dan klik OK pada notifikasi yang menyebutkan bahwa penyimpanan berhasil dilakukan.



RESTORE
  1. Pada option BlackBerry Messenger, klik "Restore" pada jajaran "Backup Management".
  2. Jika Anda telah melakukan backup menggunakan cara pertama BlackBerry akan secara otomatis merestore data kontak BBM, ketika Anda melakukan konfigurasi email menggunakan akun email yang sama seperti saat backup.
  3. Jika metode yang digunakan adalah yang kedua, Anda cukup memilih "Restore using a backup file from device", lalu pilih file sesuai dengan nama file yang Anda simpan sebelumnya.
  4. Klik "Yes", pada jendela notifikasi berikutnya.
Anda juga dapat meng-copy file backup tersebut dan me-restore-nya kembali pada perangkat BlackBerry yang berbeda. Selamat mencoba..... :)







8 comments:

  1. gan, gmn caranya kalo backup management nya gak ada? aku pake strom1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips Blackberry: Backup Dan Restore Kontak Bbm >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Tips Blackberry: Backup Dan Restore Kontak Bbm >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Tips Blackberry: Backup Dan Restore Kontak Bbm >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK JV

      Delete
  2. Pasti ada gan... Coba dari tampilan awal BBM pilih menu Option gan, setelah itu scroll ke bawah sampai agan menemukan Back-Up Management, lalu klik pada bagian Backup. Kalo setingan BB dalam bahasa Indonesia istilahnya, Manajemen Pencadangan. Disitu ada 3 pilihan Back Up, Restore dan Delete Back Up File.

    ReplyDelete
  3. Di BB saya juga tidak ada saya pakek 9220 mohon panduanya

    ReplyDelete
  4. Di BB saya juga tidak ada saya pakek 9220 mohon panduanya

    ReplyDelete
  5. tapi di saya juga ga ada gan,,ane pke gemini 8520 os 5,,,gymana yaa munculinnta back up managementnnya,,,,

    ReplyDelete
  6. sy backup menggunakan email, klo sy mau restore db yg 1 minggu lalu gmn ya? tolong pencerahannya, tq

    ReplyDelete
  7. Di davis juga ga ada gan,mohon pencerahannya ..

    ReplyDelete