Thursday, May 31, 2012

Fitur Baru di OS 7.1

Mobile Hotspot
Inilah yang ditunggu-tunggu pengguna BlackBerry, kini anda tidak perlu lagi cemburu pada pengguna Android dan iOS 5 yang mampu berbagi koneksi datanya melalui fitur Mobile Hotspot. Koneksi anda dapat digunakan oleh sampai dengan 5 perangkat termasuk Tablet dan Laptop. Pilihan pengaturan fitur ini terdapat pada pilihan "Manage Connection".
WiFi Calling
Fitur ini kedengarannya sangat menarik, dimana anda dapat membuat panggilan dari BlackBerry anda menggunakan jalur WiFi. Tapi sepertinya fitur ini tidak semudah yang anda pikirkan, karena fitur ini hanya akan berjalan jika anda menggunakan layanan WiFi Calling yang disediakan operator langganan anda. Dan hingga saat ini kami belum pernah mendengar layanan seperti itu tersedia pada operator selullar lokal tanah air.



BlackBerry Tag
Menggunakan teknologi NFC (Near-Field-Communications), BlackBerry Tag memungkinkan anda untuk berbagi kontak, foto, video, musik serta file lain hanya dengan menyentuhkan BlackBerry anda dengan BlackBerry lain dengan fitur serupa. Anda bahkan bisa mengundang (invite) teman ke daftar kontak BlackBerry Messenger (BBM) dengan melakukan hal yang sama.

Peningkatan BlackBerry Maps
BlackBerry Maps yang bekerja sama dengan Bing memang kalah pamor dengan Google Maps yang digunakan Android dan iOS 5. Di BlackBerry OS terbaru ini, RIM menambahkan fungsi terbaru dimana pengguna dapat menemukan tawaran spesial, kupon dan potongan harga di sekitar anda.  Namun kami tidak yakin tentang ketersediaan berbagai promo tersebut saat ini di Indonesia.

Radio FM
Pada update terbaru ini, RIM juga menambahkan aplikasi radio FM. Berita buruknya tidak semua perangkat BlackBerry OS 7 akan mendapatkannya, melainkan hanya 2 perangkat dari seri Curve, yakni 9360 (Apollo) dan 9380 (Orlando) yang kabarnya sudah ditanamkan modul radio FM di dalamnya. Versi OS terbaru ini akan memberikan pengguna aplikasi radio FM yang tidak tersedia sebelumnya. Pengguna tinggal menancapkan headset yang juga berfungsi sebagai antena.

Auto Suggestion pada Universal Search
Pada update terbaru ini, universal search disempurnakan oleh fitur auto suggestion yang menawarkan pengalaman intuitif. Saat anda melakukan pengetikkan pada search bar, sistem menggunakan filter Bing akan menampilkan hasil pencarian berupa situs-situs yang sesuai dengan kata kunci yang anda ketikkan. 

1 comment: