Friday, June 15, 2012

BlackBerry sebagai Modem

Memang mengasyikkan berinternet melalui perangkat BlackBerry, tapi untuk keperluan lain seperti download, browsing, memutar video online, mungkin akan lebih puas jika berintenet menggunakan PC atau laptop.



Kali ini kami akan memandu Anda untuk menjadikan perangkat BlackBerry Bold sebagai modem. Tapi perlu diingat bahwa cara seperti ini tidak menggunakan paketan BIS (BlackBerry Internet Service) melainkan via APN operator alias dengan menggunakan paket internet biasa yang terpisah.

Konfigurasi berikut ini dengan asumsi komputer anda menggunakan sistem operasi Windows XP.
  1. Sebelumnya pastikan Software BlackBerry Desktop Manager sudah terpasang pada PC atau laptop. Pastikan software ini terbuka selama BlackBerry Bold terkoneksi di PC. Aplikasi ini biasanya didapatkan pada CD di paket penjualan dari setiap perangkat BlackBerry.    
  2. Melalui start menu pilih start > settings > control panel > phone and modem options. Pada tab modem, pilih standar modem COM yang sesuai dengan port COM perangkat BlackBerry yang terdeteksi oleh PC.
  3. Pilih Properties, kemudian pilih tombol Query Modem.
  4. Lalu pilih tab Advance. Isikan parameter berikut (contoh jika menggunakan Broad-Band Indosat), parameter yang dimasukkan adalah : AT+cgdcont=1,"IP","<internet APN sesuai kartu yang digunakan", misal : AT+cgdcont=1,"IP","indosatgprs" lalu pilih Ok.
  5. Setelah itu silahkan membuat profile dial-up connection. Melalui start menu pilih start > settings > network connection > new connection wizard, lalu tekan tombol next.
  6. Pilih connect to the internet, kemudian pilih next.
  7. Pilih set up my connection manually, kemudian pilih next.
  8. Pilih connect using dial-up modem, kemudian pilih next.
  9. Pilih standart modem yang sesuai dengan port perangkat BlackBerry.
  10. Beri nama sesuai keinginan, misalkan ISAT_BB_BOLD, lalu klik next.
  11. Isi dengan angka *99#, lalu tekan tombol next.
  12. User name dan password dikosongkan saja, lalu tekan next kemudian tekan finish.
  13. Aktifkan koneksi melalui shortcut yang baru saja anda buat, lalu tekan menu Dial.
  14. Tunggu beberapa saat, setelah terkoneksi cek status koneksi. Jika muncul status connected, berarti Anda telah berhasil tersambung dengan internet.

No comments:

Post a Comment